Cute Rocking Baby Monkey

Minggu, 06 Oktober 2013

CONTOH PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN SMK NEGERI 1 PURWOREJO


KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT ,shalawat dan salam kami sampaikan hanya jujungan kita  Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari jaman kegelapan ke jaman terang benerang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata pelajaran kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kata kesempurnaan “ Tak ada Gading yang Tak Retak ‘’, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.

                                                                                                           

                                                                                                                                                                                                                              Purworejo, Mei 2013


                                                                                                                         Tim Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN

       1.1.  Nama dan Alamat Perusahaan
           Nama perusahaan               : “ Shoes Shop Market ”
           Alamat Perusahaan             : Jl. Jogjakarta no.02 Pendowo , Purworejo
           No henphon Perusahaan     : (08-2138-108-423)
       1.2.  Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik
:
IMAM MMUHKHOLIQ
Alamat  pemilik
:
Ds. Plandi ,RT:02/RW:01
Kec. Purwodadi ,Kab.Purworejo
No Henphon
:  
082138208423

       1.3.  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka sepatu yang pastinya cocok dengan selera masyarakat Purworejo, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern dan pemasaran secara online yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen . Sehinga “ Shoes Shop Market ” mudah di kenal di masyarakat berbagai kalangan .






















BAB II
DESKRIPSI ASPEK USAHA

   2.1. Deskripsi Umum dan Usaha

  “ Shoes Shop Market ”  Shoes Shop adalah salah satu toko sepatu yang menyediakan berbagai macam jenis sepatu ,mulai dari ukuran kecil sampai besar ,dari produksi rumahan sampai produk branded internasional ,dan mulai dari yang murah sampai yang paling mahal.

   2.2. Latar Belakang

              Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan sandang, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha toko sepatu yang up-to-date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
              Daerah sekitar  Purworejo ini sangat tepat untuk membuka usaha toko sepatu, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan sandang di sekitar.
              Perusahaan Bisnis Sepatu ini berdiri atas kerjasama serta keinginan anak muda yang memiliki gemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, anak muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Toko Sepatu yang dinamakan “ Shoes Shop Market ” Shoes Shop yang berdiri di kota Purworejo, kota yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah dari pada kota lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
            “ Shoes Shop Market ” Shoes Shop didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion kusus nya sepatu  yang uptodate tanpa melupakan corak & ciri khas budaya Indonesia.

   2.3. Tujuan

            “ Shoes Shop Market ” Shoes Shop adalah toko sepatu yang mempunyai beberapa tujuan-tujuan sebagai berikut :
1.      Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
2.      Menyediakan kebutuhan fahion kusus sepatu bagi masyarakat, supaya lebih mudah.
3.      Mengurangi tingkat pengangguran.
4.      Menjalin persahabatan antara pelanggan.
5.      Mendapatkan keuntungan atau laba , dan
6.      Mencapai Target penjualan.



   2.4. Keunikan Produk
            “ Shoes Shop Market ” Shoes Shop menyediakan beraneka macam sepatu yang tentunya selalu mengikuti perkembangan jaman dan selera masyarakat . Untuk itu kami menawarkan produk sepatu dengan model-model yang upto-date yang tentunya berbeda dengan toko sepatu lainnya . Kami juga menyediakan sepatu-sepatu unlimited dengan brand-brand ternama internasional.


BAB III
ASPEK PEMASARAN

3.1. Penelitian dan Analisis
            Ruang lingkup lingkup usaha sepatu ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
            “ Shoes Shop Market ” Shoes Shop terletak di  Jl. Jogjakarta no.02 Pendowo , Purworejo.Toko ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.
Sasaran kami adalah semua usia baik yang muda sampai yang tua , tapi kami akan lebih menekankan pada kalangan remaja yang memiliki kebutuhan fashion yang tinggi.

   3.2. Rencana Pemasan

           Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
•         Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
•         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
•         Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang upto-date di took kami .










   3.3.   Penetapan Harga
            Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan dengan perkembangan selanjutnya.

No.
Jenis Produk
Harga
1
Precise
> Rp. 289.000,-
2
Adidas
> Rp. 390.000,-
3
Vans
> Rp. 180.900,-
4
Nike 
> Rp. 235.800,-
5
DG
> Rp. 269.900,-
6
New Era
> Rp. 109.900,-
7
Puma
> Rp. 199.900,-
8
Loggo
> Rp. 250.000,-

   3.4.   Konsep Promosi
              Konsep promosi yang akan kami gunakan adalah dengan membuat sebuah display di jalan raya serta tempat umum dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
              Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis “ Shoes Shop Market ” Shoes Shop akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.













BAB IV
PENELITIAN MODEL DAN PENGEMBANGAN

   4.1. Pengembangan dan Rencana Desain

              Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar Purworejo pada saat ini sangat besar.
              Dengan besarnya minat masyarakat ,maka secara otomatis usaha yang kami geluti akan berjalan sesuai dengan minat mereka .Untuk memenuhi minat yang besar dan banyak ,kami akan menyediakan stok-stok sepatu yang mencukupi serta pelayanan yang lebih baik untuk memberikan kepuasan pada para konsumen. Selain itu kami juga akan menyediakan area parkir gratis ,toilet ,dan smoking room yang akan menambah kepuasan pelanggan.

4.2. Hasil Penelitian Teknologi
            Semakin majunya teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi akan memberi dampak pada kelangsungan usaha kami. Dengan kemajuan ini kita dapat memanfaatkannya sebagai kesempatan emas semisal untuk media promosi.
Majunya teknologi transportasi akan memberikan efek positif pada usaha kami. Dengan media transportasi yang maju kita dapat mengantar barang pada pelanggan tepat pada waktunya dan berefek pada kepuasan pelanggan.

   4.3. Struktur Biaya
     
           Biaya produksi per tahun terdiri dari:

1.            Modal Awal produksi

Renovasi Awal & Desain Interior

Rp. 600.000.000,-
Kulakan sepatu grosir

Rp.   20.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal

Rp.     5.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama

Rp.   60.000.000 ,- 
Jumlah Modal Produksi

Rp. 685.000.000,-







   2.      Biaya lain-lain
·         Listrik                                                                Rp. 12.000.000,-
·         Asuransi                                                             Rp. 11.000.000,-
·         Transportasi                                                       Rp.   6.500.000,-
·         Administrasi                                                      Rp.   4.500.000,-
·         Pajak                                                                  Rp.   2.750.000,-
·         Pemeliharaan gedung dan peralatan                  Rp.   6.000.000,- 
Jumlah biaya lain-lain                                                   Rp. 42.750.000,-

Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                                           Rp. 710.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                                              Rp.   42.750.000,-   
Total                                                                                        Rp. 667.250.000



BAB V
ASPEK PABRIK

   5.1. Analisa Lokasi

            Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Kecamatan Purworejo karena berada tidak jauh dari Pusat Kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.

   5.2. Kebutuhan Produksi

            Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier sepatu, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.

   5.3. Transportasi
            Untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan yang tidak bisa datang ke tokok kami , maka kami memberikan pelayanan delivery ke rumah pemesan. Maka dari itu kami akan menggunaka media transportasi berupa sepeda motor.

   5.4. Tenaga Kerja
            “ Shoes Shop Market ”  Shoes Shop hanyalah sebuah took sepatu ,maka tenaga kerja yang kami butuhkan tidak perlu sarjana. Kriteria pekerja yang kami butuhkan adalah sebagai berikut :
1.      Wanita ( usia maksimal 27 tahun )
2.      Berperikebadian baik
3.      Pendidikan minimal SMA / Sederajat
4.      Berpenampilan menarik
5.      Mempunyai sepeda motor dan SIM C










BAB VI
ASPEK MANAJEMEN

   6.1. Tim Manajemen dan Susunan Personalia
 
  6.2. Masalah Yang Potensial

                  Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
1.                1.  Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.                2.  Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.                3.   Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.                4.   Menjual produk yang berkualitas
Weaknes (Kelemahan)
1.                1.  Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional dan internasional
2.                2.  Berubahnya kondisi perekonomian yang cepat
Oportunity (Peluang)
1.             Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.            Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Purworejo, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
Threaty (Ancaman) :
        Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.

   6.3. Resiko, Hambatan, dan Tindakan Alternatif

            Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya toko-toko maupun outlet-outlet yang menjual sepatu dengan lebih mudah dan murah ataupun toko yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi toko lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
BAB VII
ASPEK FINANCIAL
   7.1. Perkiraan Financial
INVESTASI
JUMLAH (RP)
Biaya tetap

1.      Penyusutan gedung dan peralatan
Rp.   7.000.000,-
2.      Gaji pegawai
Rp. 60.000.000,-
Jumlah
Rp. 67.000.000,-


Biaya variable/ produksi

Kulakan sepatu grosir
Rp. 600.000.000,-
Jumlah
Rp. 600.000.000,-


Biaya-biaya lain

1.   Listrik                                                
2.   Asuransi                                            
3.   Transportasi
4.   Administrasi
5.   Pajak             
Rp. 12.000.000,-
Rp. 11.000.000,-
Rp.   6.500.000,-
Rp.   4.500.000,-
Rp.   2.750.000,-
Total Modal produksi
Rp. 36.700.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Rp. 703.700.000,-


Pendapatan

Penjualan aneka sepatu
Rp. 960.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN
Rp. 960.000.000,-


PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran

Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 256.300.000,-




          
            Proyeksi Aliran Kas
            Untuk toko kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk toko kami ini, akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

           Analisis BEP

Dalam menghitung analisis titik impas kita terlebih dahulu menentukan jumlah total investasi awal.
Investasi awal = Jumlah Biaya Tetap + Jumlah Biaya Toatal Variabel
= Rp 67.000.000,00 + Rp 600.000.000,00
= Rp 667.000.000,00
Kemudian kita menentukan pendapatan bersih setiap bulannya, Disini kita menggunakan nilai pendapatan bersih terendah setiap bulan yaitu Rp.503.000 dengan harga terendah yaitu Rp. 6.000
Maka titik balik modal (BEP) akan terjadi pada bulan ke 9,9 bulan - 10 bulan
Jika harga kita bervariasi Jadi bukan tidak mungkin kita akan balik modal lebih cepat dari 10 bulan.

   7.2. Sumber-Sumber Penggunaan Dana

            Kami memiliki modal awal sebesar Rp 200.000.000,- .Dikarenakan besarnya dana untuk membangun toko ,maka kami meminjam uang ke bank sebesar Rp 500.000.000,-












BAB VIII
Penutup


 8.1 Kesimpulan

           Dengan selesainya penyusunan proposal usaha ini saya dapat menarik kesimpulan bahwa dalam pembuatan/penyusunan proposal usaha hendak nya kita harus mengumpulkan data-data yang valid dan selengkap mungkin agar dalam penyusunan proposal usaha kita tidak mengalami kesulitan.Dan dengan ada nya tugas penyusunan proposal ini saya dapat mengetahui cara mengelola sebuah perusahaan yang nanti nya akan mencapai titik kesuksesan .

2 komentar:

  1. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya Wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh.Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus
  2. bisa ga menjelaskan data-data wilayahnya seperti luas bagunan, jumlah penduduk disekitarnya, pendapatan, serta pekerjanya?
    ya mungkin bisa diperkirakan rata-ratanya berapa?
    terimakasih.

    BalasHapus